Karakter Karyawan yang dibutuhkan Perusahaan Jaman Sekarang

Perkembangan era globalisasi dan modernisasi membuat pimpinan perusahaan harus memutar otak untuk dapat memenangkan persaingan industri ini. Perusahaan-perusahaan berlomba-lomba untuk terus melakukan perubahan yang ada dalam organisasinya agar perusahaannya dapat tetap eksis dan terus mengalami kemajuan. Perubahan menyentuh berbagai aspek, tak terkecuali bagi Sumber Daya Manusianya dalam hal ini para karyawan-karyawan yang bekerja di perusahaan itu. Di era sekarang perusahaan-perusahaan memang membutuhkan tenaga-tenaga yang profesional dan mempunyai karakter kuat untuk dapat berkontribusi dalam perkembangan perusahaan itu sendiri.

Bagi para pencari kerja perlu memahami kondisi ini bahwa dengan bekerja di sebuah perusahaan khususnya perusahaan swasta harus dapat mampu mengikuti perkembangan global yang ada. Untuk itulah ada beberapa karakter yang harus dikembangkan dan disesuaikan agar kita dapat diterima oleh pihak perusahaan dengan baik. Adapun karakter-karakter yang dimaksud adalah:

1.Kemampuan Inisiatif

Salah satu karakter penting bagi seorang karyawan adalah memiliki kemampuan inisiatif. Dalam menghadapi pekerjaan-pekerjaan yang ada di kantor tentunya kita jangan terlalu bersikap pasif hanya menunggu instruksi-instruksi yang diberikan atasan. Seorang karyawan tidak harus menunggu dikasih tahu dulu ketika menghadapi pekerjaannya. Atasan lebih menyukai pribadi-pribadi yang memiliki inisiatif untuk bertanya dan mengambil tindakan dalam menyelesaikan-menyelesaikan permasalahan yang ada. Tentu dalam hal ini seorang karyawan harus memahami dulu apa yang menjadi batasan-batasan dalam tugas pokoknya agar tidak salah nantinya.

2. Terus BelajarĀ 

Perkembangan era globalisasi membuat perusahaan harus terus mengembangkan dirinya agar tidak tertinggal dengan perusahaan-perusahaan kompetitor lainnya. Sebagai seorang karyawan tentu jangan terlalu berpuas diri terhadap keberhasilan kinerjanya. Karyawan harus terus belajar untuk mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi nanti. Penambahan kemampuan dan ketrampilan perlu dilakukan untuk menambah kompetensi dalam mengarungi masa depan perusahaan. Misalnya seorang karyawan yang belajar bahasa asing atau belajar mengenai metode-metode terbaru dalam menyelesaikan pekerjaannya.

3. Kemampuan Komunikasi yang baik

Ini juga karakter yang penting untuk dapat meraih kesuksesan dalam dunia kerja. Seorang karyawan yang memiliki komunikasi yang baik tentu akan memudahkan dalam koordinasi pekerjaan dan dampak positifnya dapat memberikan aura yang positif dalam lingkungan kerja. Misalnya saja berkomunikasi tanpa harus menunjukkan emosi. Atau misalnya jangan berkomunikasi hanya saat koordinasi kerja saja tetapi juga sesekali mengobrol di luar konteks pekerjaan. Orang yang baik dalam berkomunikasi akan mudah mendapatkan teman dan menjadi panutan bagi rekan-rekan kerja yang lain. Komunikasi yang baik tentu akan membuat karyawan semakin mudah dalam menyesuaikan diri dengan rekan-rekan kerja lainnya.

4. Tidak Banyak Mengeluh

Ini mungkin merupakan hal yang mudah diucapkan tetapi susah untuk dijalankan. Dalam menjalani hari-hari di kantor tentu seorang karyawan bisa saja menghadapi hal-hal yang dapat menghambat pekerjaannya, misalnya koneksi internet yang lambat, tidak tersedianya fasilitas kantor yang memadai, atau rekan kerja yang tidak dapat diajak bekerjasama. Belum lagi ditambah juga dengan sifat atasan atau rekan kerja yang tidak disukai. Hal itu tentu menjadi suatu hal yang wajar di dunia kerja, dan yang perlu dipahami bersama-sama adalah tidak semua hal yang kita inginkan akan kita dapatkan. Diperlukan karakter yang tangguh untuk menghadapi hal-hal yang ada di atas. Diperlukan pemahaman juga bahwa bekerja itu tidak selamanya ‘enak’, tegantung pola pikir dan tujuan awal kita untuk bekerja. Menikmati proses dan terus bersyukur adalah salah satu kunci untuk menghadapi hal-hal itu.

Itulah beberapa karakter umum yang diperlukan untuk dapat bersaing di dunia kerja. terus belajar dan mengembangkan diri menjadi salah satu kunci sukses untuk menatap masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *