Langkah awal Mencari Kerja setelah Kamu Wisuda.

Setelah kamu wisuda berarti kamu akan masuk dunia kamu yang sebenarnya, karena di waktu inilah kedewasaan dan kemandirian kamu diuji untuk menentukan rencana masa depanmu. Tentu akan banyak tantangan yang harus kamu hadapi untuk mencapai rencana karir sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Hal ini membuat masih banyak para sarjana yang dibuat bingung langkah-langkah apa yang perlu dilakukan untuk memulai mencari pekerjaan. Ada beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan terkait langkah-langkah awal yang perlu dilakukan:

1.Mencari Ketersediaan Pekerjaan yang sesuai dengan passion

Logikanya, kamu mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliahmu. Intinya kamu harus memahami prospek kerja yang sesuai dengan jurusan kuliah yang kamu ambil. Misalnya jurusan teknik sipil akan bekerja di engineer, jurusan komunikasi bekerja di marketing, atau jurusan psikologi bisa mencari pekerjaan di HRD. Hanya saja mungkin banyak di antara para sarjana passion-nya berbeda dengan jurusanmu saat kuliah. itu sebenarnya tidak perlu dipermasalahkan. Banyak juga kok yang sukses berkarir tetapi tidak sesuai dengan jurusan yang diambil. Untuk mencari informasi lowongan saat ini begitu mudah, selain koran kamu sekarang juga dengan mudah mendapat info lowongan kerja di website penyedia lowongan kerja atau sosial media semacam instagram. Tekun-tekunlah untuk mencari dan memahami setiap lowongan yang ditawarkan.

2. Ambil Resiko

Oke, beberapa saat setelah kamu wisuda bisa saja ketersediaan lowongan kerja yang sesuai dengan jurusanmu terbatas atau bahkan tidak ada. Kalau misalnya ada pun terkadang lokasinya yang jauh atau gajinya yang tidak terlalu besar. Nah, apa yang akan kamu lakukan ketika tidak kunjung mendapatkan lowongan pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan? Mau menunggu? Sampai kapan? Tidak juga kan. Kamu harus berani mengambil resiko. Menerima pekerjaan yang tidak terlalu sesuai dengan jurusanmu bisa menjadi langkah awalmu untuk mengembangkan diri. Ya sudah, anggaplah ini sebagai suatu proses belajar, apalagi buat kamu yang belum punya pengalaman kerja sama sekali. Paling tidak carilah pekerjaan yang kira-kira kamu akan menyukainya dan tidak terlalu menuntut keahlian yang terlalu mendalam. Misalnya saja seorang lulusan psikologi yang harus bekerja sebagai resepsionis ataupun sebagai marketing. Toh ilmumu di bidang psikologi juga masih berguna untuk kedua pekerjaan itu.

3. Komunikasi dengan Orang Tua

Ketika lulus sebagai sarjana berarti kamu akan memulai hidup secara mandiri. Karena di saat inilah kamu akan diuji untuk menentukan masa depanmu sendiri. Mulai lah berkomunikasi dengan orang tua tentang rencana masa depanmu. Kamu tentunya punya pilihan sendiri dalam menentukan lokasi tempat kerjamu. Mintalah saran ke orang tua terkait langkah-langkah yang perlu diambil dalam memilih pekerjaan. Jangan lupa pada saat nanti kamu sudah diterima kerja mintalah restu kepada orang tuamu dan agendakan untuk selalu pulang ke rumah bila kamu kerja di rantau.

4. Siap Berproses di Dunia Kerja

Dunia kerja tentu sangat berbeda dengan dunia sekolah. Saat kita sekolah dari SD sampai kita Kuliah kita terbiasa dengan target yang telah ditentukan. Misalnya saja saat SD berlangsung selama 6 tahun. SMP dan SMA masing-masing berlangsung selama 3 tahun. Kuliah berlangsung kurang lebih selama 4 tahun. Tetapi saat memasuki dunia kerja kita sendirilah yang harus menentukan target. Yang perlu dipahami saat awal-awal anda memasuki dunia kerja tentu akan merasakan ketidaknyamanan dalam bekerja, karena anda memasuki dunia yang benar-benar baru. Apalagi buat teman-teman yang belum pernah punya pengalaman kerja. Nikmatilah proses ini, karena dimanapun bekerja di perusahaan pasti ada tidak enaknya. Kamu harus menentukan target sendiri ke depan, Apa yang akan kamu lakukan di 5 atau 10 tahun ke depan tentunya harus mulai dipikirkan dari sekarang.

Itu sekilas trik dan tips yang bisa dicoba buat teman-teman yang baru lulus. Sekali lagi ambilah resiko dan nikmatilah proses awal ini, karena tidak ada kesuksesan yang bisa diperoleh tanpa adanya kerja keras dan beribadah. Tetap semangat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *