Cara Mencari Pekerjaan yang Cocok buat Kita

Setelah kita wisuda atau bahkan beberapa bulan sebelum ujian skripsi kita mungkin akan mulai berpikir dimana kita akan bekerja. Tentu bagi kita memiliki pertimbangan sendiri dalam memilih pekerjaan yang sesuai dengan yang kita inginkan. Namun salah satu hal yang menjadi kendala terbesar bagi kita adalah mencari perusahaan dan pekerjaan yang benar-benar cocok bagi kita. Tidak sedikit bagi pencari kerja yang mengalami kebingungan luar biasa saat harus memilih pekerjaan. Sampai akhirnya banyak pencari kerja yang menurun motivasinya untuk mencari pekerjaan karena terlalu banyak hal yang dipertimbangkan untuk melamar kerja. Terdapat beberapa cara untuk mengetahui pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kepribadian anda:

1.Evaluasi Diri

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus mengetahui terlebih dahulu yang menjadi minat dan bakat anda. Minat disini anda harus mempunyai gambaran terhadap jenis dan bidang perusahaan apa yang menjadi minat anda. Misalnya anda mempunyai minat dan kesukaan di perkebunan, maka carilah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan. Atau misalnya anda mempunyai minat dan kesukaan di bidang hitung-hitungan, maka carilah perusahaan yang bergerak di bidang lembaga keuangan seperti bank misalnya.

2. Lakukan Survey Kecil-kecilan 

Oke, setelah anda mengetahui minat dan bakat yang anda miliki, langkah berikutnya adalah mencari tahu tentang pekerjaan dan perusahaan yang akan anda lamar. Kalau perlu tanyalah pada teman dan saudara yang pernah bekerja di perusahaan atau pekerjaan yang sejenis. Jangan sampai anda justru menyesal karena mendapatkan pekerjaan dan perusahaan yang tidak sesuai dengan minat dan bakat anda.

3. Ambil Pekerjaan apa Saja dulu

Ini adalah salah satu langkah beresiko yang bisa anda ambil apabila anda sampai saat ini masih belum menemukan pekerjaan dan bidang perusahaan yang sesuai dengan minat dan kesukaan. Hal ini biasa dialami oleh para fresh graduate yang benar-benar belum pernah merasakan dunia kerja. Anda tidak akan benar-benar merasakan bagaimana rasanya bekerja di sebuah perusahaan kecuali Anda benar-benar bekerja di dalamnya. Anda bisa lamar pekerjaan apa saja.  Seiring waktu berjalan anda akan merasakan sendiri apakah bidang pekerjaan yang anda kerjaan sesuai dengan minat dan bakat anda atau tidak, Jika tidak cocok banyak bidang yang bisa Anda coba. Hanya saja ketika anda mengalami ketidakcocokan terhadap pekerjaan yang anda kerjakan sekarang jangan langsung keluar. Perhatikan etika bekerja anda, paling tidak anda harus berada di perusahaan itu minimal setahun. Anda tentu tidak mau dianggap sebagai ‘kutu loncat’ kan, yang berpindah-pindah perusahaan hanya dalam hitungan bulan. Itu akan merusak track record anda sendiri di masa yang akan datang.

4. Bersyukur dan Menikmati Proses

Well, pada akhirnya kita tidak selalu akan mendapatkan pekerjaan dan perusahaan yang sesuai dengan impian kita. Terdapat banyak faktor yang membuat anda harus bekerja, bisa karena uang, status ataupun desakan keluarga dan orang-orang di sekitar kita. Pada akhirnya anda harus menikmati apa yang anda kerjakan sekarang. Anda bisa saja bekerja di perusahaan yang anda idam-idamkan namun ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan anda, misalnya gaji yang tidak terlalu besar, atasan yang kerap marah atau lokasi perusahaan yang jauh dari kota asal anda. Pada akhirnya anda harus mempunyai target pribadi sendiri. Mau sampai kapan bekerja di perusahaan anda? Semua itu akan terjawab seiring dengan waktu.

Itu beberapa tips yang dapat anda coba, dan yang harus anda pahami anda tidak akan mendapatkan pekerjaan dan perusahaan yang benar-benar sesuai dengan impian anda. Ada kalanya kita menemui hambatan-hambatan di dalam pekerjaan kita. Perlu usaha yang keras untuk mencapai beberapa hal yang anda impikan selama ini. Tetap bersyukur dan menikmati proses ini. Tetap semangat bekerja dan jangan lupa beribadah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *