Etika Pertama Kali Masuk Kerja, Perhatikan!

Pertama kali bekerja di sebuah perusahaan biasanya menjadi hal yang cukup mendebarkan buat sebagian besar para lulusan sarjana. Dengan bekerja di sebuah perusahaan mereka akan mengalami hal yang benar-benar baru. Mulai dari rutinitas baru, lingkungan baru dan teman baru. Hal ini terkadang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para sarjana tersebut. Hal ini memang wajar karena mereka sebelumnya belum pernah merasakan hal ini. Tentunya banyak hal yang perlu disiapkan agar semuanya menjadi lancar.

Nah kira-kira apa sih yang perlu disiapkan saat menjalani hari-hari pertama di kantor baru. Simak yuk beberapa tips ini:

1. Inisiatif untuk Berkenalan terlebih dahulu

Sebagai orang baru di perusahaan tentu kamu harus inisiatif untuk memulai berkenalan terlebih dahulu dengan rekan-rekan kerjamu di kantor. Sebagai orang baru kamu akan menjadi pusat perhatian semua orang di kantor, tentu mereka akan bertanya-tanya siapakah diri kamu ini. Biasanya staf HRD akan memandumu untuk berkeliling kantor untuk berkenalan dengan rekan-rekan kerja yang lainnya, tetapi di luar itu kamu juga harus berinisiatif paling tidak menyapa rekan-rekan kerjamu saat berpapasan denganmu. Dengan menjaga hubungan baik dengan rekan-rekan kerjamu tentu akan memudahkan kamu dalam berkoordinasi terkait masalah-masalah di pekerjaan.

2. Berusahalah untuk Tertib pada aturan

Sebagai orang baru tentu kamu akan menjadi sorotan bagi rekan-rekan kerja yang lain. Diperlukan pemahaman terkait aturan-aturan dan kebiasaan yang perlu kamu pahami. Jam masuk kerja misalnya, sebaiknya usahakan sudah di kantor sebelum waktu masuk kerja yang telah ditentukan. Hal-hal lain misalnya penggunaan seragam atau cocard karyawan juga perlu diperhatikan. Di awal-awal kerja kamu juga masih dalam taraf percobaan, karena nantinya kamu akan dievaluasi terkait kinerja dan perilakumu sehari-hari. Di samping itu juga agar kamu juga terbiasa selalu mentaati peraturan yang ditentukan perusahaan.

3. Mulai Belajar Mengatur Waktu.

Dengan kamu bekerja di perusahaan tentu ada rutinitas yang berubah dari waktu-waktu sebelumnya. Misalnya kamu harus bangun lebih pagi daripada sebelumnya. Hal ini tentu perlu dipersiapkan dalam hal manajemen waktu, misalnya 1 minggu sebelum kamu masuk kerja berlatihlahr untuk bisa bangun pagi, atau kamu juga bisa melakukan simulasi rute perjalananmu dari tempat tinggal sampai ke kantor. Dengan begitu akan memudahkan kamu dalam mengatur waktu, misalnya kamu masuk kerja jam 8, kemudian perlu berangkat jam berapa agar tepat waktu sampai di kantor. Satu lagi yang terkesan sepele tapi penting, usahakan untuk sarapan dimanapun kamu berada. Kalau sempat belilah makanan di dekat tempat tinggalmu atau kalau tidak sempat kamu bisa membeli makan di area lokasi tempat kerjamu. Sarapan penting untuk menambah energi karena setelah kamu memasuki dunia kerja kamu akan disibukkan dengan berbagai kegiatan yang bisa menguras fisik atau pikiran.

4. Ikutilah kegiatan-kegiatan Karyawan di Luar Kantor

Sebagai karyawan baru kamu juga dituntut aktif di kalangan karyawan. Di kantor inilah kamu juga diharapkan membangun jaringan pertemanan tidak hanya dengan teman satu bagian saja. Kamu bisa mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan di luar kantor, selama kegiatan itu positif kamu sebaiknya ikut misalnya olahraga (futsal) atau traveling.

Yap, hari pertama di kantor memang akan membuat orang khawatir, akan tetapi bila kamu dapat menyiapkan hal ini akan membuat kamu lebih semangat dan antusias. Jangan lupa, kamu harus selalu belajar dimanapun kamu bekerja dan jadikanlah itu sebagai pengalaman hidupmu untuk di masa yang akan datang. Semangat kerja!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *