Kerja Merantau, Yuk!

Mencari pekerjaan adalah proses yang harus dilalui oleh seseorang ketika telah menempuh pendidikan tinggi. Seorang sarjana dapat memilih bidang pekerjaannya sesuai dengan bidang dan passion yang diminatinya. Namun saat memilih pekerjaan kita terkadang dihadapkan pada realita pekerjaan yang ada. Misalnya saja kita tidak menemukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion kita, atau kita menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion namun lokasi penempatan kerjanya jauh dari kota asal. Perlu dipahami bahwa kita tidak dapat menjamin bahwa di sekitar tempat kita tinggal memiliki ketersediaan lowongan pekerjaan yang cukup banyak. Beberapa orang memilih untuk merantau ke luar kota asal demi mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion. Untuk teman-teman yang sekarang sedang mencari pekerjaan tentu memilih pekerjaan di lokasi yang jauh juga dapat untuk dipertimbangkan.

Banyak orang takut untuk merantau karena beberapa alasan, misalnya saja tidak ingin jauh dari orang tua atau pasangan. Beberapa diantaranya juga mengeluhkan perbedaan budaya dan perbedaan lingkungan. Namun bila kamu toh pada akhirnya mendapat pekerjaan yang jauh dari kota asal tidak perlu ditakutkan atau dikhawatirkan. Justru dari hal ini kamu akan mendapatkan pengalaman baru dan nasib hidup yang lebih baik di kemudian hari. Terdapat beberapa keuntungan yang dapat kamu peroleh dengan kerja merantau:

1. Melatih Hidup Mandiri

Hidup jauh dari keluarga dan teman otomatis akan melatih kamu hidup untuk mandiri. Kamu yang sehari-harinya tinggal dengan keluarga atau orang-orang terdekat akan merasa dimudahkan karena segala sesuatu sudah disediakan seperti makan atau tempat tinggal. Namun dengan tinggal merantau hal ini membuat kamu akan benar-benar hidup mandiri, mulai mencari makan sendiri, membereskan rumah sendiri, bahkan mengelola keuangan sendiri. Hal ini akan sangat-sangat membantu dan menjadi bekal tersendiri buat kamu untuk menghadapi hidup ke depan nantinya, misalnya saat menikah dan membangun rumah tangga.

2. Melatih Kemampuan Bersosialisasi

Dengan merantau, tentu kamu akan menghadapi orang-orang baru dan lingkungan baru. Dalam beraktivitas sehari-hari tentu kita membutuhkan teman baru. Hal ini menuntut kamu untuk dapat bersosialisasi dengan mereka, baik di lingkungan kantor atau lingkungan tempat anda tinggal. Hal ini cukup penting dalam menjaga hubungan sosialisasi dengan teman kantor atau di sekitar tempat tinggal anda. Apabila ada hal-hal yang tidak kita inginkan setidaknya kita masih memiliki teman yang dapat membantu.

3. Mencari Pengalaman Hidup

Hal ini yang sebenarnya menjadi salah satu keuntungan yang dapat kamu peroleh dengan merantau. Kamu akan mendapatkan dan mengalami hal-hal yang sebelumnya tidak pernah kamu alami. Misalnya saja kamu menemui orang-orang yang memiliki perbedaan budaya dan latar belakang dengan kamu. Hal ini tentu membuat kamu harus menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Banyak hal-hal yang dapat kamu alami pada saat merantau, misalnya saja saat kamu sakit tetapi tidak ada yang bisa dimintai tolong, atau mendapat kabar bahwa orang tua sakit namun kamu dihadapkan pada situasi pekerjaan yang tidak dapat ambil cuti, tetapi dari kejadian-kejadian tadi dapat menjadi tambahan pengalaman hidup yang berharga untuk menghadapi kehidupanmu di masa yang akan datang.

4. Kesempatan untuk Menabung

Banyak orang mengambil kesempatan bekerja di luar kota bahkan di luar pulau karena gaji yang ditawarkan cukup besar. Hal ini tentunya dapat menjadi pertimbangan sendiri bagi kamu untuk mencari kerja. Misalnya saja di perusaahaan-perusahaan tambang di kalimantan yang menawarkan gaji rata-rata di atas 7 juta untuk lulusan S1. Besarnya nilai gaji ini tentu menggiurkan bagi para pencari kerja, meskipun besarnya nilai gaji juga disesuaikan dengan besarnya nilai kebutuhan hidup disana, tetapi hal ini dapat kita siasati dengan pengelolaan keuangan yang lebih baik. Dengan menabung dapat menjadi bekal kita di kemudian hari.

Itu beberapa keuntungan yang dapat diperoleh saat kamu merantau, pada akhirnya semua kembali ke persepsi masing-masing individu. Akan sampai kapan merantau itu juga tergantung dari rencana hidupmu. Beberapa orang tetap tinggal di rantau sampai akhirnya menikah dan berumah tangga di sana. Namun ada juga yang hanya sekian tahun merantau lalu kembali ke kota asal untuk mencari pekerjaan di sekitar tempat tinggal. Semua akan terjawab seiring dengan berjalannya waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *