Kerja di Tangerang? Why Not!

tangerang

Mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan harapan tentu menjadi harapan bagi para sarjana. Setiap lulusan sarjana maupun SMK tentu mempunyai keinginan berbeda-beda dalam menentukan tempat kerjanya kelak. Ada yang ingin bekerja di kota asalnya, ada yang ingin merantau jauh dari kota asal, ada juga yang ingin berkarir di kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya. Buat sebagian orang, Kota Jakarta masih menjadi tujuan utama untuk bekerja. Di Jakarta lah kita bisa mendapatkan banyak informasi lowongan kerja dari perusahaan-perusahaan ternama. Hanya saja dengan segala permasalahan kotanya seperti kemacetan, kriminalitas, biaya hidup tinggi dan permasalahan klasik kota besar lainnya membuat orang berpikir ulang untuk mau kerja disini. Beberapa diantara pencari kerja mulai melirik kota-kota di sekitar Jakarta yang juga menawarkan pekerjaan di perusahaan ternama. Salah satu kota tersebut adalah Tangerang. Tangerang secara administratif memang menjadi bagian dari Provinsi banten, hanya saja yang letaknya dekat dengan Jakarta, Tangerang memang menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dari Jakarta. Tangerang sering mendapat julukan sebagai kota dengan seribu kontrakan, hal ini dikarenakan karena banyak perusahaan yang berdiri di Tangerang, dimana hampir sebagian besar pekerjanya adalah pendatang. Maka tidak heran di tangerang banyak kita temui kontrakan atau kos-kosan yang penghuninya para pekerja pendatang terutama dari Jawa Tengah dan Jogjakarta.

tangcit

Dengan banyaknya perusahaan yang berdiri di Tangerang tidak heran Kota ini mengalami pertumbuhan yang cukup pesat.  Sehingga hal ini menjadi alternatif buat para pendatang yang bekerja disitu hingga akhirnya banyak yang memutuskan untuk bertempat tinggal di Tangerang. Cukup banyak perusahaan-perusahaan yang berkategori nasional yang terdapat di Tangerang, Terdapat perusahaan yang memang berkantor pusat di Tangerang tetapi juga terdapat perusahaan yang mendirikan kantor cabang disini. Beberapa perusahaan yang dikategorikan bertaraf nasional diantaranya : Alfamidi, Alfamart, Torabika, Pokphand (pakan ternak), Panarub (produsen sepatu Adidas), Toto (yang sering ke toilet pasti tau) dsb. Di samping banyaknya pilihan pekerjaan di Tangerang terdapat beberapa hal yang akan membuat betah para penghuninya, diantaranya:

1.Biaya Hidup tidak semahal Jakarta

Biaya hidup yang kamu keluarkan bisa lebih ditekan di Tangerang. Dengan kisaran gaji yang tidak terlalu berbeda dengan di Jakarta membuat kamu bisa ‘sedikit’ berhemat ketika di Tangerang. di Tangerang kamu bisa mendapatkan kos-kosan atau kontrakan dengan harga yang lebih murah tentu daripada di Jakarta (asal nyarinya bener). Selain masalah tempat tinggal, harga makanan tentu tidak semahal yang ada di Jakarta (untuk standar warteg / penyetan). Untuk nongkrong di cafe pun, kita bisa mendapatkan harga makanan yang jauh lebih murah daripada di Jakarta.

2. Tidak Semacet di Jakarta

Memang ketika kamu mendapat kontrakan yang agak jauh dari tempat kamu kerja resikonya kamu harus naik angkot atau naik motor (bila punya). Kondisi jalanan di tangerang memang lebih sempit daripada di Jakarta, namun semacet-macetnya Tangerang hal itu masih terbilang wajar, daripada di Jakarta yang kadang sampai macet 2 jam (Argghh gak kebayang).

3. Sudah Banyak Mall

Buat kamu yang butuh hiburan dan cuci mata gak usah jauh-jauh sampai ke Jakarta. Di Tangerang sudah banyak Mall-mall berdiri dengan kualitas tidak kalah dengan Mall-mall yang ada di Jakarta. Mall disini pun bahkan sudah menjadi jujugan buat sebagian orang yang berasal dari jakarta, misal seperti Sumarrecon, lippo karwaci, Tangcity, dll.

4. Dekat dengan Bandara Soekarno Hatta

Inilah yang kadang membuat iri warga Jakarta. Bedanya dengan orang-orang Jakarta yang harus menembus macet menuju ke Bandara, dari Pusat Kota Tangerang letak bandara ini sangat dekat. Kalau kamu naik Ojek dari Pusat Kota ke Terminal keberangkatan paling gak cuma 20 menitan. Hal ini menjadi keuntungan buat kamu yang mau pulang kampung naik pesawat. Namun menjadi agak susah buat kamu yang mau naik kereta. Karena kereta-kereta yang menuju Jawa Tengah / Jogja hanya berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Senen, itu jaraknya lumayan jauh dari Pusat Kota Tangerang.

itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh saat mendapat pekerjaan di tangerang. Ingat, untuk dapat bekerja di perusahaan ternama tidak melulu di jakarta saja. Justru banyak perusahaan ternama yang berkantor di Kota sekitar Jakarta seperti Tangerang, Bogor atau Bekasi. Yang penting lebih ke niat aja kita, kalau masalah pekerjaan ada yang enak dan nggak tergantung sudut pandang kita saja. Oke, Selamat Meraih Mimpi!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *