Prospek Kerja di jurusan Peternakan

Peternakan

Secara umum Program Studi Peternakan atau Ilmu Peternakan adalah program studi yang mempelajari tentang segala hal yang berhubungan dengan peternakan, seperti teknologi produksi, pakan, pengolahan dan juga manajemennya. Kuliah di jurusan peternakan mungkin selama ini banyak dianggap jurusan yang tidak populer di kalangan lulusan SMA. Banyak yang menganggap jurusan Peternakan tidak punyai prospek kerja yang jelas. Hal ini pula membuat jumlah mahasiswa peternakan di beberapa universitas tidak terlalu banyak. Hal ini tentu berimbas pada lulusan peternakan yang terbatas jumlahnya. Terbukti semakin banyak perusahaan mengaku kekurangan sarjana tenaga ahli peternakan akibat sedikitnya minat mahasiswa mempelajari peternakan.

Padahal jurusan peternakan menawarkan prospek lapangan pekerjaan yang memadai. Apalagi di Indonesia memiliki potensi luarbiasa dengan kekayaan sumberdaya alam yang melimpah, hanya tidak diimbangi dengan sumber daya manusia yang berkompeten mengelola sumber daya alam itu. Ditambah saat ini banyak pemberitaan bahwa hewan ternak yang masih impor dari negara lain. Namun hal ini bertanda bagus, bahwa prospek kerja di bidang peternakan akan terus berkembangnya, seiring dengan meningkatnya kebutuhan dalam negeri dan dorongan dari berbagai pihak untuk tidak mengandalkan impor.

ternak

Hal ini tentu menjadi tanggung jawab Universitas harus dapat menyiapkan sumber daya manusia yang berkompeten khususnya di bidang peternakan. Apalagi industri peternakan dalam negeri juga terus berbenah dan terus berkembang, agar tidak terus-terus tergantung pada suplai impor. Adapun beberapa prospek kerja bagi jurusan peternakan diantaranya :

1.Bekerja di Perusahaan Peternakan atau Pakan Ternak

Perusahaan peternakan intinya memproduksi dan mengelola hewan ternak yang akan siap untuk dipasarkan pada masyarakat. Di Indonesia sangat banyak jenis perusahaan peternakan yang dimiliki perseorangan atau sudah berlabel PT. Di perusahaan peternakan ini lulusan Ilmu Peternakan bisa mengisi posisi di Manajerial maupun Operasional.

2. Wiraswasta

Di samping bekerja di perusahaan atau instansi lulusan peternakan dapat juga berwirausaha membuka perusahaan peternakan sendiri. Para lulusan jurusan peternakan dapat membuka usaha sendiri di bidang ternak itu sendiri atau usaha pakan ternak.

3. Bekerja di Instansi Pemerintahan

Lulusan jurusan peternakan juga memungkinkan bekerja di instansi pemerintahan misalnya di Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi, Kementerian Perindustrian, Kementerian Lingkungan Hidup, Lembaga Pendidikan, dan Lembaga Riset.

4. Mengajar

Mengajar juga dapat menjadi alternatif pilihan kerja di jurusan peternakan. Mengajar disini konteksnya bisa sebagai dosen yang artinya perlu kuliah s2 agar sesuai dengan aturan, atau anda juga bisa mengajar pelatihan-pelatihan atau penyuluhan di bidang peternakan pada para petani ternak.

Itulah beberapa prospek kerja di jurusan peternakan. Hal ini membuktikan bahwa jurusan peternakan mempunyai prospek yang sangat luas dan terus berkembang. Dimana dalam perkembangannya para tenaga kerja di bidang peternakan ke depannya dapat menjadi sumber daya manusia yang tangguh bagi Indonesia dalam menghadapi globalisasi saat ini. Saat ini jurusan peternakan banyak terdapat di beberapa Universitas yang ada di Indonesia. Salah satunya di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jurusan ini tergabung di dalam Fakultas Agroteknologi dan menjadikan jurusan peternakan salah satu jurusan unggulan di UMBY.

AGRO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *