Alasan Kenapa Kamu harus mengambil S2 Psikologi

wisuda

Tahapan seorang mahasiswa setelah menyelesaikan S1 (sarjana) tentunya memasuki dunia kerja. Salah satu fungsi kita dalam bekerja adalah mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang selama ini kita peroleh di bangku kuliah. Salah satu konsekuensinya kita akan mendapatkan bayaran atau gaji dari perusahaan tempat kita bekerja. Namun bekerja bukan satu-satunya pilihan yang ditempuh para sarjana baru. Ambil kuliah S2 bisa menjadi salah satu rencana yang bisa dilakukan ketika telah menyelesaikan jenjang perkuliahan S1. Saat ini S2 bukan lagi sesuatu hal yang elit dan dipandang hanya orang-orang mampu saja yang mampu kuliah S2. Saat ini S2 bisa menjadi jalan untuk pengembangan diri lebih lanjut dan bahkan telah menjadi kebutuhan untuk di masa yang akan datang. Meskipun masih banyak orang merasa malas untuk memulai karena harus kuliah lagi dan disibukkan dengan tugas-tugas yang menumpuk. Jurusan psikologi merupakan salah satu jurusan favorit yang ada di Sebagian besar Perguruan Tinggi Indonesia yang juga banyak membuka jalur S2. Jurusan ini membuka peluang karir yang cukup besar. Lantas apakah dengan mengambil S2 Psikologi akan membuka peluang karir yang lebih besar? Jelas pastinya, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika anda mengambil S2 Psikologi.

1. S2 Psikologi memungkinkan untuk mengambil Kelas sesuai Minat

konselor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ketika masih di S1 kamu diberikan mata kuliah yang beragam dan sangat banyak, hal itu membuat pikiran kamu bertumpuk karena dijejali dengan materi-materi yang terkadang tidak kamu sukai, nah di S2 Psikologi akan lebih fokus dalam kuliahnya. Bagi para sarjana psikologi yang memang masih belum bisa menemukan minat bidang tertentu, Di S2 Psikologi kamu dapat memilih kelas sesuai dengan minatmu, di S2 Psikologi sendiri terdapat jurusan pendidikan, klinis dan industri organisasi. Dari sini paling tidak kamu juga mulai bisa menentukan pilihan bidang karir seperti apa yang akan kamu tekuni. Karena dari awal kuliah sampai tesis kamu akan bertemu dengan mata kuliah yang menjadi minatmu.  Untuk mata kuliah umum pun hanya diberikan di awal semester yang jumlahnya tidak terlalu banyak.

2. Tuntutan Globalisasi

globalization

 

 

 

 

 

 

 

Tuntutan jaman dan persaingan membuat lulusan sarjana psikologi dirasa kurang cukup berkompeten. Jaman dahulu sarjana sudah dianggap mewah namun sekarang dianggap biasa saja. Begitu pun di jurusan psikologi, di sebagian besar perusahaan, saat ini sarjana psikologi dianggap biasa karena begitu banyak lulusan jurusan psikologi, kalau ingin kualifikasi dan pengetahuanmu diatas rata-rata tentu kuliah S2 psikologi bisa menjadi jalan terbaikmu. Di samping itu dengan memiliki gelar magister profesi psikologi kamu juga bisa membuka layanan konsultan sendiri sesuai dengan bidang yang dikuasai, sehingga dapat memberi tambahan pemasukkan di samping bekerja di instansi tentunya.

3. Menambah Pilihan Karir di Pekerjaan

dosen

 

 

 

Seorang sarjana psikologi paling banter hanya menjadi seorang karyawan saja di sebuah perusahaan atau di instansi, tetapi dengan kuliah S2 memungkinkan kamu akan mempunyai banyak pilihan karir yang dapat dipilih. Terdapat beberapa profesi yang hanya dapat dijalankan oleh seseorang dengan gelar S2. Dengan mengambil kuliah S2 Psikologi kamu dapat membuka layanan konsultasi sendiri, di samping itu kamu juga dapat bekerja sebagai pengajar atau dosen. Sebagian besar Universitas mensyaratakan bahwa dosen harus memiliki latar belakang pendidikan S2.

4. Memungkinkan mendapat Jabatan dan Gaji yang lebih Tinggi

serah-terima-jabatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Banyak yang mengatakan bahwa S2 adalah investasi di masa yang akan datang. Perubahan dan pengembangan organisasi memungkinkan adanya kenaikan jabatan dan kenaikan gaji. Namun ada kalanya beberapa perusahaan atau instansi mensyaratkan si karyawan harus memiliki latar belakang pendidikan minimal S2 untuk dapat menduduki suatu jabatan atau mendapatkan kenaikan gaji. Maka dari itu tidak heran banyak karyawan yang sudah bekerja di perusahaan pun memiliki keinginan kuat untuk ambil kuliah S2.

Nah, itu beberapa alasan kenapa kamu harusnya tidak lagi ragu untuk mendaftar S2 Psikologi. Apa lagi yang masih membuatmu ragu? Ayo, segera cari info universitas yang paling baik untuk meneruskan studimu!

poster-majalah-siswa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *