Prospek Kerja jurusan Bimbingan & Konseling

konseling

Bila kita mendengar bimbingan & konseling atau BK pasti yang terlintas di pikiran orang awam adalah guru yang mengurusi anak-anak nakal di Sekolah. Apalagi di mata siswa citra guru BK di sekolah selalu dipandang negatif karena biasanya guru BK adalah guru-guru yang galak. Hal ini kemudian yang memicu sebagian orang tua siswa yang mengatakan profesi sebagai guru BK tidak punya karir dan prospek yang jelas. Tentunya hal ini berimbas pada jurusan atau program studi BK yang terdapat universitas-universitas. Banyak dari mereka yang mengatakan bahwa kuliah di jurusan BK tidak mempunyai prospek kerja yang cerah, sehingga menyebabkan jurusan ini menjadi tidak populer di kalangan siswa maupun orang tua siswa.

Pendapat tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya salah. Memang benar guru BK dalam pekerjaannya seringkali berhubungan dengan siswa-siswa yang nakal, hanya saja peran utama guru BK tidak hanya mengurusi siswa-siswa yang nakal saja tapi juga membangun karakter siswa. Menurut Prof. Dr. Prayitno, M.Sc.Ed. Guru Besar Bimbingan dan Konseling dari Universitas Negeri Padang bahwa konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling oleh seorang ahli (disebut konselor) kepada individu yang sedang mengalami suatu masalah (disebut klien) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi klien. Hal tersebut menunjukkan memang sebuah proses konseling dilakukan oleh orang-orang yang memang terlatih dan mempunyai dasar pendidikan tentang bimbingan dan konseling.

Kita mengetahui bahwa saat ini populasi manusia makin meningkat disertai perkembangan globalisasi yang makin meningkat membuat persaingan antar individu makin ketat untuk berbagai hal. Tidak heran pada akhirnya banyak orang mengalami permasalahan sehingga timbul yang namanya stres. Tentunya kasus tersebut membutuhkan para ahli untuk menyelesaikan permasalahannya. Dalam hal ini peran sebagai seorang konselor menjadi sangat penting. Para konselor bertanggungjawab untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dialami masyarakat. Namun tentu saja bidang pekerjaan seorang konselor tidak hanya di kalangan masyarakat umum saja tetapi juga di kalangan sekolah. Seorang konselor di lingkungan sekolah dalam hal ini guru BK mempunyai tanggung jawab dalam menangani permasalahan dan perkembangan siswa di sekolah. Di samping menangani permasalahan siswa, guru BK juga mempunyai peran untuk memberikan motivasi belajar pada siswa agar memiliki prestasi yang maksimal.

Dari berbagai uraian diatas menunjukkan memang bahwa jurusan BK memiliki prospek yang cerah. Mengingat makin banyaknya permasalahan yang dialami oleh masyarakat membuat peran seorang konselor menjadi begitu penting. Konselor dapat juga membuka biro layanan. Seorang yang telah menempuh jurusan BK tidak hanya dapat menjadi konselor di masyarakat tetapi juga di bidang pendidikan dengan menjadi guru BK atau membuka biro layanan sendiri.

bk-baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *