Kuliah di jurusan Sistem Informasi, cocok bagi yang suka Teknologi

sistem informasiBanyaknya Universitas dengan segala jurusannya membuat para lulusan SMA dalam memilih jurusan kuliah menjadi tidak mudah. Berbeda dengan saat jaman sekolah, untuk memasuki masa kuliah para lulusan SMA memang sudah harus menentukan peminatan bidang tertentu. Hal ini dikarenakan jurusan yang akan diambil oleh lulusan SMA paling tidak dapat menggambarkan mengenai bidang kerja yang akan ditekuni selepas kuliah nanti. Nah seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akhirnya bermunculan jurusan-jurusan baru. Untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat kita, tentunya kita harus tahu lebih dulu mengenai apa yang dipelajari di bidang tersebut. Dengan mengetahui apa yang dipelajari di jurusan tersebut paling tidak para lulusan SMA mendapatkan bayangan tentang pelajaran yang diterimanya nanti pada saat kuliah.

laptop

Salah satu jurusan kuliah yang belum banyak diketahui orang adalah jurusan sistem informasi. Secara umum orang yang berminat kuliah di jurusan sistem informasi adalah orang yang menyukai tentang teknologi. Dalam wikipedia dijelaskan bahwa sistem informasi adalah adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis. Jurusan Sistem Infomasi seringkali dikaitkan dengan jurusan Teknik Informatika. Secara umum dua jurusan ini bisa dikatakan sama, hanya saja yang membedakan adalah bidang yang dipelajarinya. Perbedaannya jurusan teknik informatika, lebih fokus ke aspek teknis dari teknologi informasi, sedangkan jurusan sistem informasi juga mempelajari aspek manajerial dari teknologi informasi. Karena teknologi informasi saat ini sudah menjadi bagian tak bisa terpisahkan dari bisnis proses sebuah perusahaan, sehingga menuntut sumber daya manusia yang tidak hanya paham dari segi aspek teknis saja, tetapi juga mampu memahami aspek bisnis dalam perusahaan. Sehingga mampu menerjemahkan kebutuhan bisnis menjadi kebutuhan teknis teknologi informasi.

developer

Kemudian, apa sajakah prospek kerja bagi yang mengambil jurusan sistem informasi. Sebenarnya cukup banyak prospek kerjanya, tinggal bagaimana kita menyesuaikan lagi dengan minat dan passion kita. Seiring juga dengan perkembangan teknologi dan modernisasi, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan teknologi informasi dalam menjalankan bisnisnya dan ini tentunya menjadi prospek kerja tersendiri bagi lulusan sistem informasi. Beberapa prospek kerja di jurusan sistem informasi adalah: System analyst, IT Manager, IT Consultant, IT Auditor, System Integrator, Network Administrator, Software Engineer  Information System Developer . Memang seiring dengan persaingan antar perusahaan dan industri membuat jurusan sistem informasi mempunyai prospek yang cerah di masa yang akan datang. Nah buat kalian yang berminat kuliah di Sistem Informasi yuk daftarkan segera di http://mercubuana-yogya.ac.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *