Jangan Terlalu Memilih Kerjaan Setelah Lulus

SONY DSC

Kelulusan

Bagi seorang mahasiswa, setelah lulus kuliah tentu saja tahap selanjutnya adalah memasuki dunia kerja. Namun lulus dari perguruan tinggi tak ada jaminan seseorang langsung memperoleh pekerjaan. Memilih pekerjaan bukanlah suatu hal yang mudah, perlu adanya langkah-langkah atau prinsip-prinsip yang harus kita terapkan atau persiapkan di dalam memilih pekerjaan. Sebagian besar para lulusan sarjana tentu menginginkan pekerjaan yang bagus dengan gaji yang besar, semisal PNS ataupun bekerja di BUMN. Namun hal itu tidak didapatkan dengan mudah, perlu kerja keras dan sedikit keberuntungan untuk bisa bekerja di BUMN ataupun PNS. Sebagai anak muda tentu saja memiliki idealisme tersendiri dalam memilih pekerjaan, namun alangkah baiknya buat seorang lulusan sarjana tidak terlalu memilih pekerjaan. Karena pada dasarnya semua pekerjaan itu baik bagi kita tergantung bagaimana kita memandangnya. Sebenarnya ada beberapa keuntungan yang bisa kita ambil apabila kita tidak terlalu memilih pekerjaan tentunya selama orang tua juga mengijinkan.

1. Status

status

 

 

 

 

 

 

 

Keuntungan yang pertama adalah status. Yak, dengan kita bekerja berarti status kita bukan lagi seorang mahasiswa atau pengangguran. Mau di perusahaan atau jabatan apapun asal kita sudah menjadi seorang karyawan disana berarti status kita pun berubah, dan itu bisa menimbulkan gengsi tersendiri. Kamu akan menjadi orang yang paling bangga atas perubahan status itu, karena mungkin masih ada teman-temanmu satu angkatan yang masih belum kerja atau bahkan masih menyelesaikan skripsi sedangkan kamu sudah bekerja, itu keren banget! Apalagi kalau gebetanmu mendengar kamu sudah bekerja itu akan menambah point tersebdiri buat kamu guys!

2. Mencari Jatidiri

group_employee19033569Medium

 

 

 

 

 

 

 

Banyak sarjana yang masih kebingungan dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan karakter mereka. Banyak orang yang sudah bekerja bertahun-tahun lamanya si suatu perusahaan namun mereka merasa pekerjaannya tidak sesuai dengan minat dan karakter yang dimilikinya. Dengan kamu mengambil tawaran pekerjaan yang ada, kamu bisa mengukur diri kamu terhadap pekerjaan yang sedang kamu hadapi. Hal ini bisa menjadi bekal buat karir kamu di masa yang akan datang bahwa kamu akan lebih mengetahui tipikal pekerjaan apa yang sesuai dengan karaktermu.

3. Mengurangi Beban Orang Tua

ilustrasi korupsi

Dengan kamu kerja di perusahaan otomatis kamu akan dapat gaji. Gaji adalah sebuah imbalan yang diterima karyawan yang bekerja di perusahaan. Gaji seringkali menjadi tolok ukur buat para sarjana dalam mencari pekerjaan. Namun perlu diakui untuk bekerja di perusahaan dengan gaji yang besar memang tidak mudah. Ambilah tawaran pekerjaan yang ada dulu, karena apabila kamu menunggu panggilan perusahaan dengan gaji yang besar waktunya memang tidak bisa dipastikan. Nah dengan gaji yang kamu peroleh seharusnya kamu gak perlu minta duit jajan lagi sama orang tua. Selama kamu hidup dari kecil sampai mahasiswa orang tua pasti sudah bersusah payah untuk mebiayai sekolah kamu, nah tiba saatnya giliran kamu sudah bekerja tidak ada salahnya sebagian uang gajimu diberikan kepada orang tua untuk biaya hidup.

4. Batu Loncatan

HSE

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sudah jadi pembicaraan banyak orang memang bahwa pekerjaan yang kamu jalani sekarang itu bisa difungsikan untuk menambah pengalaman kamu untuk bisa bekerja di perusahaan yang lebih besar. Anggaplah ini menjadi tempat untuk mengembangkan diri dan melatih diri. Ambilah waktu minimal 1 tahun, begitu kemampuanmu matang dan ada peluang untuk bekerja di perusahaan yang lebih besar kamu tinggal mencari lowongan kerja saja di perusahaan yang kamu inginkan.

5. Memperluas Pergaulan

20110421_Karyawan_Pakai_Kebaya_

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mungkin sebelum kamu bekerja, lingkaran pertemananmu cuma di sekitar teman sekolah saja. Namun begitu kamu kerja otomatis kamu juga akan menambah teman dan jaringan. Otomatis kontak BB mu, teman facebook dan followers di twitter juga akan bertambah dong. Hal ini sangat berguna buat jenjang karirmu di masa yang akan datang. Bisa saja nanti kamu akan mendapatkan pekerjaan baru dari temanmu yang pernah kerja dalam satu kantor. Dan siapa tau buat kamu yang masih jomblo, kamu bisa dapat jodoh di perusahaan tempat kamu bekerja. Good luck, bro!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *