Masih Inginkah kerja di Jakarta??

jakartaMenjadi seorang mahasiswa menuntut kita untuk bisa merencanakan tujuan selanjutnya setelah wisuda. karena sebagai mahasiswa berarti akan memasuki dunia industri yang sebenarnya. Ada banyak pilihan karir yang nanti bisa dipilih bagi seorang mahasiswa. Bekerja di perusahaan menjadi salah satu pilihan bagi lulusan universitas atau SMK untuk berkarir selanjutnya. Setiap lulusan sarjana maupun SMK mempunyai keinginan berbeda-beda dalam menentukan tempat kerjanya kelak. Ada yang ingin bekerja di kota asalnya, ada yang ingin merantau jauh dari kota asal, ada juga yang ingin berkarir di kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya. Buat sebagian orang, Kota Jakarta masih menjadi tujuan utama untuk bekerja.

karyawanSebagai pusat pemerintahan, Jakarta merupakan pusat bisnis dan industri. Kantor-kantor pusat perusahaan nasional maupun kantor cabang perusahaan internasional berlokasi di Jakarta. Saat ini, lebih dari 70 % uang negara beredar di Jakarta. Arus modernisasi di kota megapolitan ini berkembang sangat pesat. Jakarta mempunyai segala fasilitas untuk menjadi kota megapolitan, pusat perbelanjaan, gedung-gedung perkantoran yang tinggi, restoran dan tempat hiburan kelas atas bertebaran di Jakarta. Segala hal yang ditawarkan Kota Jakarta memang menyilaukan mata. Hal-hal itulah yang menjadikan Jakarta masih menjadi tujuan utama orang untuk bekerja. Apalagi buat sebagian orang daerah bekerja di Jakarta masih dianggap sebagai salah satu indikator sebuah kesuksesan. Karena apabila mereka menyebut dirinya bekerja di Kota Jakarta akan menimbulkan gengsi tersendiri. Tetapi jangan berharap bahwa kerja di jakarta itu menyenangkan. Hingga saat ini Jakarta masih harus bergelut dengan masalah-masalah yang terjadi akibat kepadatan penduduk, seperti kemacetan, tingkat kriminalitas yang tinggi, serta kekurangan alat transportasi yang memadai. Oke, kalau untuk masalah gaji mungkin penghasilan kerja di jakarta lebih tinggi daripada kota-kota di jawa lainnya tetapi barang-barang kebutuhan di Jakarta tentu lebih mahal. Namun yang perlu diketahui ada beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh apabila kita memutuskan untuk bekerja di Jakarta.

1. Mengasah Kemampuan

Memutuskan untuk bekerja di Jakarta dapat mengantarkan anda untuk menemui hal-hal yang baru. Di Jakarta anda akan menemui pekerjaan yang lebih menantang, karena tekanan perusahaan semakin meningkat dan target yang dibebankan perusahaan ke karyawan juga akan semakin tinggi sehingga menuntut kita untuk bisa meningkatkan kinerja kita, dan pada akhirnya kemampuan dan pengetahuan pada bidang yang anda minati akan lebih terasah.

2. Lapangan Kerja Sangat Luas

Sebagai ibukota negara dan pusat industri di Republik Indonesia, menjadikan banyak perusahaan nasional maupun internasional yang berkantor di Jakarta. Hal ini tentu membuka kesempatan yang cukup lebar bagi pencari kerja untuk mencari pekerjaan di Jakarta. Banyak pekerjaan di tawarkan oleh perusahaan bagi pencari kerja. Dari sisi pencari kerja tinggal memilih saja jenis pekerjaan dan bidang perusahaan yang diminati.

3. Pergaulan lebih Up to date

Perlu diketahui dengan bekerja di Jakarta anda akan menjadi lebih up to date. Dari mulai teknologi terbaru, pergaulan maupun gaya hidup. Kalau biasanya kamu cuma nongkrong di Angkringan atau di Warung Burjo, tapi di Jakarta orang-orang sehabis kerja nongkrongnya di cafe atau restoran yang ternama. Secara tidak langsung hal itu bisa menaikkan gengsi dan gaya hidup anda. Anda akan dipandang sebagai orang yang ‘gaul’ dan ‘keren’ apabila nongkrong di cafe atau di restoran ternama di Jakarta.

4. Belajar Mandiri

Buat orang daerah bekerja di Jakarta bisa melatih anda untuk lebih mandiri. Apabila anda tinggal sendiri di kos-kosan anda bisa berlatiha sendiri mengatur hidup anda. Misalnya berlatih untuk mengelola keuangan sendiri. Dari gaji yang anda dapatkan tiap bulan, anda bisa berlatih untuk mengatur pengeluaran anda selama hidup di Jakarta, mulai dari kebutuhan dasar seperti makan dan membayar kos-kosan hingga kebutuhan untuk memanjakan diri seperti nongkrong dan nonton.

5. Sebagai Ujian Mental

Dengan bekerja di Jakarta anda dapat merasakan bahwa perjuangan untuk menuju sebuah kesuksesan itu selalu tidak mudah. Akan banyak hambatan yang bisa kamu temui bila kamu bekerja di Jakarta. Macet, kecopetan, kebanjiran, dimarahin bos, dicuekin orang di jalan adalah sebuah proses tersendiri untuk menjadi seorang yang sukses dan kuat mental. Hal itu bisa menjadikan anda lebih tangguh dan dapat menjadi bekal tersendiri apabila anda akan memutuskan pindah berkarir ke kota asal anda.

Sekali lagi bekerja di jakarta hanya sebuah pilihan semata, semua tergantung masing-masing individu dalam menyikapi. Apabila kita bicara mengenai kepuasan dalam bekerja pasti tiap orang berbeda-beda pandangannya. Tetapi yang paling penting, kita harus lebih banyak bersyukur karena semua pekerjaan itu baik untuk kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *